Menu

STOP PRESS

Jumat, 17 September 2010

FUNGI patogen

FUNGI  atau JAMUR patogen 
Setelah membaca dokumen ini, Anda DIHRAPKAN bisa:
     Menggambarkan karakteristik fisik dasar dan reproduksi jamur.
     Nama jamur penting dalam bidang medis.
     Menjelaskan penyakit yang berhubungan dengan jamur penting dalam bidang medis.
     Menjelaskan metode dasar yang digunakan untuk mendiagnosa infeksi jamur.
     Menjelaskan mekanisme kerja obat antijamur 

Karakteristik umum
Jamur termasuk kapang, khamir dan jamur tingkat tinggi. Semua jamur yang eukariotik mwengandung sterol tetapi tidak peptidoglikan pada membran sel mereka. Mereka adalah chemoheterotrophs (membutuhkan nutrisi organik) dan sebagian besar aerobik. Banyak juga jamur saprophytes (hidup dari bahan organik mati) dalam tanah dan air dan mendapatkan makanan mereka dengan absorbsi. Khas mereka juga memproduksi spora seksual dan aseksual, mempunyai banyak percabangan hifa yang disebut miselium. Ada lebih dari 100.000 spesies, dengan 100 agen patogen pada manusia 




   


Pertumbuhan terjadi dari ujung apikal, vesikula apikal mengandung bahan dan enzim untuk pembentukan dinding hyphal baru. hyphae tua berkurang aktifitas biokimianya   dan banyak mengandung vakuola
 
 vakuola :
 
Dalam cetakan ini kebanyakan hifa memiliki septa (divisi crosswalled), tetapi dalam beberapa tidak ada satu pun dan hifa adalah coenocytic (aseptate),. 
 
 coenocytic :
 
 
Septa (jamak dari septum) adalah     formasi cross-walled yang membagi hifa jamur ke dalam sel,  mungkin untuk menambah kekuatan   hifa atau berfungsi untuk mengisolasi bagian-bagian yang berdekatan untuk memungkinkan diferensiasi, seperti selama produksi struktur reproduksi.

Struktur septa adalah taksonomi penting,   mungkin sederhana atau kompleks, septate atau aseptate (coenocytic). Pertumbuhan septum yang dimulai pada dinding hifa dan bergerak menuju pusat hifa, septa dapat terdiri dari pelat yang solid, memiliki pori-pori tunggal di tengah, atau memiliki beberapa pori-pori menciptakan seperti penampilan saringan.

  gambar   dari septum pada   jamur Sordaria fimicola

.

Bagian dari miselium terlibat dalam mendapatkan nutrisi, miselium vegetatif,  bagian dalam pertumbuhan dan reproduksi, atau reproduksi miselium aerobik






Dari reproduksi miselium , spora terbentuk, spora aseksual diproduksi oleh miselium aerobik dari organisme tunggal, sedangkan spora seksual   dibentuk oleh fusi sel dan inti dari strain kawin silang.










Ada banyak jenis spora dengan nama seperti chlamydospore dan sporangiospore. Contoh jamur   Penicillium, sumber penisilin yang merupakan antibiotik pertama.

Ragi adalah organisme uniseluler, biasanya bulat telur atau berbentuk bulat. Biasanya, mereka tumbuh dengan tunas daripada pembelahan biner. Di sini, inti sitoplasma   membelah,   pada awalnya sebuah kontinum dengan kuncup, atau ragi, sebelum dinding sel baru  memisahkan keduanya. Pada beberapa sel, tunas ini gagal untuk melepaskan diri dan   membentuk rantai pendek   yang disebut pseudohypha. Meskipun ragi adalah sel tunggal dan menghasilkan koloni seperti bakteri pada media agar,  tidak seperti bakteri mereka memiliki inti yang berbeda dan dengan demikian disebut eukariota. Contoh ragi adalah Saccharamyces Saccharomyces yang menghasilkan alkohol dengan fermentasi anaerobik.


Penyakit Disebabkan oleh Jamur

Infeksi jamur atau mycoses diklasifikasikan berdasar derajat keterlibatan jaringan dan cara masuk ke dalam host.   adalah:
Superficial - infeksi  kulit, rambut, dan kuku.
Subkutan - infeksi terbatas pada dermis, jaringan bawah kulit atau struktur yang berdekatan.
Sistemik - infeksi dalam organ internal.
Oportunistik - menyebabkan infeksi hanya di immunocompromised.

  Infeksi jamur  jarang terjadi pada orang normal sehat,  terbatas pada kondisi seperti kandidiasis (thrush) dan infeksi kulit dermatofit seperti atlet foot.  Namun, dalam immunocompromised host, berbagai jamur   ringan atau nonpathogenic dapat berpotensi menyebabkan infeksi fatal.  

Superficial Mycoses
Seperti yang tercantum di atas, infeksi mycoses   terlokalisir pada kulit, rambut, dan kuku. Contohnya adalah "kurap" atau "tinea" , infeksi kulit oleh dermatofit. Kurap mengacu pada karakteristik sentral kliring   yang sering terjadi pada infeksi dermatofit kulit.disebabkan oleh genera Trycophyton, Microsporum dan Epidermophyton .  Tinea dapat menginfeksi berbagai situs tubuh, termasuk kulit kepala (tinea capitis), janggut (tinea barbae) kaki (tinea pedis: "kaki atlet") dan pangkal paha (tinea cruris). 

Candida albicans adalah ragi yang menyebabkan kandidiasis atau "thrush" pada manusia. Sebagai mycoses  , kandidiasis biasanya menginfeksi mulut atau vagina. C. albicans merupakan bagian dari flora normal vagina dan saluran pencernaan.  Namun, selama masa sakit atau gangguan kekebalan. keseimbangan dapat berubah dan organisme berkembang biak menyebabkan penyakit. Pengobatan antibiotik juga dapat mengubah flora bakteri normal dan memungkinkan C. albicans berkembang.

Subkutan Mycoses
Ini adalah infeksi terbatas pada dermis, jaringan bawah kulit atau struktur yang berdekatan. Infeksi mungkin timbul setelah melukai kulit. Ini mycoses yang langka dan terbatas terutama untuk daerah tropis. Mereka cenderung  lambat   dan kronis   Sebagai contoh adalah sporotrichosis disebabkan oleh Sporothrix schenckii  . Jamur dimorfik,  yang dapat berubah ke bentuk ragi pada 37 ° C pada media kaya atau   pada infeksi. Sporotrichosis pernah umum di Eropa namun   sekarang langka. Penyakit ini paling umum Amerika, Afrika Selatan dan Australia. Infeksi biasanya mirip gigitan serangga, tusukan duri atau  duri ikan. Kelompok pekerjaan tertentu tampaknya memiliki peningkatan risiko dari infeksi. seperti pekerja toko bunga, buruh tani dan lain-lain yang menangani jerami dan lumut. Gejala yang paling umum adalah lesi ulseratif yang dapat berkembang menjadi limfangitis.

Sistemik Mycoses (primer dan oportunistik)
Ini adalah infeksi invasif organ internal  , organisme mauk melalui paru-paru, saluran pencernaan atau melalui infus. Mereka mungkin disebabkan oleh: (i) jamur patogen primer atau (ii) oleh jamur oportunistik yang patogenisitas marjinal tetapi dapat menginfeksi host. immunocompromised

Jamur Patogen Primer
Infeksi terjadi pada orang yang sebelumnya sehat dan timbul melalui rute pernafasan. Contohnya termasuk histoplasmosis, blastomycosis, coccidiomycosis dan paracoccidiodomycosis. 

Histoplasmosis. Hal ini disebabkan oleh Histoplasma capsulatum  . Organisme ini dimorfik  . H.capsulatum   endemik di banyak bagian dunia termasuk Amerika Utara dan Selatan. Banyak ditemukan di dalam tanah dan pertumbuhan meningkat oleh kehadiran burung dan kotoran kelelawar. Lingkungan yang mengandung bahan tersebut sering   sebagai sumber infeksi pada manusia. Paru-paru adalah situs utama infeksi tetapi bisa menyebar  ke hati, jantung dan sistem saraf pusat,   infeksi paru dapat menyerupai gejala   tuberkulosis
.
  Jamur Oportunistik

Di sini, pasien biasanya ada beberapa cacat kekebalan tubuh atau metabolisme yang serius, atau telah menjalani operasi. Penyakit termasuk aspergillosis, kandidosis sistemik dan kriptokokosis. Luar biasa, jamur lain yang biasanya tidak patogen, seperti Trichosporon, Fusarium atau Penicillium, dapat menyebabkan infeksi sistemik.

Aspergillosis. Ini adalah nama yang diberikan untuk sejumlah penyakit yang berbeda yang disebabkan oleh jamur Aspergillus. Ini menghasilkan sejumlah besar spora dan terjadi di seluruh dunia. Di Inggris, A. fumigatus spesies yang paling umum  menyebabkan penyakit. Organisme ini dapat menginfeksi paru-paru, telinga bagian dalam, sinus dan, jarang pada orang yang sebelumnya sehat. Dalam host imunosupresi, Aspergillus dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Kandidosis. Dalam  pasien immunocompromised berat (misalnya yang menerima kemoterapi) C. albicans,   merupakan bagian dari flora manusia normal (lihat di atas), dapat berkembang biak dan menyebar ke seluruh tubuh.

Kriptokokosis. Ini adalah infeksi sistemik yang disebabkan oleh Cryptococcus neoformans ragi. Manifestasi paling umum adalah bentuk subakut atau kronis meningitis akibat inhalasi organisme., infeksi paru juga dapat terjadi. Penyakit ini mempengaruhi baik individu sehat dan imunosupresi dan terjadi di seluruh dunia. C. neoformans dapat diisolasi dalam jumlah besar dari kotoran merpati di sekitar

Terkait Penyakit   jamur Lain
 Paparan Konstan   spora jamur di atmosfer dapat menimbulkan alergi pernafasan. 

Jamur tertentu,  dapat menghasilkan racun   yang dapat berakibat fatal jika tertelan (misalnya Amanita phalloides: "kematian topi"). Lainnya (Psilocybe) mempengaruhi sistem saraf pusat merangsang respon halusinasi.

Banyak jamur menghasilkan metabolit sekunder (mikotoksin) yang sangat beracun bagi manusia. Ergotism disebabkan oleh makan roti  dari gandum yang terinfeksi dengan jamur  Claviceps purpurea . S

Pneumocystis. Ini adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh Pneumonia jirovecii (sebelumnya Pneumocystis carinii). Organisme ini merupakan penyebab umum pneumonia fatal pada pasien AIDS. Sebuah parasit intraselular, dengan siklus hidup trofozoit dan kista, maka itu sebelumnya dianggap suatu protozoa.   Kista mengandung 8 inti yang dapat dilihat pada pengecatan dari aspirasi paru.
 
Referensi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar